Spirited Away

Chihiro.
International Movie Poster

Buat kalian para anime lover, atau pecinta film-film jepang, pasti sudah tidak asing sama film satu ini. Spirited Away, film yang rilis 27 Juli 2001 adalah salah satu film animasi yang paling hebat yang pernah aku tonton, bahkan best movie ever sepertinya soalnya belum ada yang bisa ngegantiin film ini di posisi favoritku setelah sekian tahun. Di Jepang sendiri film yang disutradarai oleh Hayai Miyazaki ini berhasil meraih beberapa awards. Ini hasil kutipan yang aku dapet dari Wikipedia:

When released, Spirited Away became the most successful film in Japanese history, grossing over $274 million worldwide. The film overtook Titanic (at the time the top grossing film worldwide) in the Japanese box office to become the highest-grossing film in Japanese history.[3] It won the Academy Award for Best Animated Feature at the 75th Academy Awards, the Golden Bear at the 2002 Berlin International Film Festival (tied with Bloody Sunday) and is among the top ten in the BFI list of the 50 films you should see by the age of 14.

Keren kan?? Bukannya mau melebih-lebihkan tapi film ini emang keren banget. Bercerita tentang anak kecil berumur 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang mau pindah rumah sama orang tuanya. Tapi dalam perjalanannya mereka malah masuk dan terjebak ke ‘dunia lain’, kedua orang tua Chihiro berubah menjadi babi. Chihiro kemudian bertemu dan ditolong oleh anak laki-laki bernama Haku. Ia membawa Chihiro ke tempat pemandian monster , spirits dan sebangsanya. Kedatangan manusia di dunia lain itu sempat membuat geger tempat pemandian. Chihiro pada akhirnya mendapat pekerjaan disana, namanya diubah menjadi Sen (karakter pertama pada nama Chihiro) oleh Yubaba, si empunya tempat.

Chihiro (left) and Haku (right). What a sweet moment :3

Cerita bergulir ke kehidupan Sen disana. Dari kedatangan monster sungai yang bau dan kotor gara-gara tercemar, kegemparan yang di sebabkan oleh No-Face, dan juga usahanya untuk bisa keluar dari tempat Yubaba. Satu lagi, cerita mengenai Chihiro dan Haku, yang sweet abis. Kelihatan banget betapa perhatiannya Haku si misterius sama Chihiro dan juga fakta bahwa mereka sudah pernah bertemu sebelumnya. Penasaran bukan? Siapa Haku sebenarnya? Trus apa itu No Face? Dan berhasilkah Chihiro membebaskan orang tuanya dari kutukan dan kembali ke dunia manusia? Tonton saja sendiri, gak asik kalo aku kasih spoilernya. Biarpun udah 11 tahun lewat dari waktu rilis pertama kali tapi film ini masih highly recommended buat ditonton.

Chihiro and No Face
another chihiro-haku moment❤

Kenapa sih aku posting review film yang udah cukup jadul? Hehehe, ini gara-gara kemarin mampir ke youtube buat streaming dan malah nemu video beberapa orang yang mainin ini soundtracknya gitu pake gitar sama keyboard. Rasanya pas denger lagu ini memori langsung balik pas jaman SD waktu pertama kali nonton vcdnya yang dibeliin sama bapak. Terpesona sama setting dan gambarnya, dan Haku juga *eh. Gak usah lama-lama, check this out:

yt cr: lonlonjp

yt cr: pianomusiclovr

Wanna say something? Write here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s